Pages

  • MENANTI SESEORANG
    "Jangan terburu-buru dengan cinta. lebih baik menunggu seorang yang tepat bagi hidup selamanya daripada hanya sementara"

Selasa, 19 Januari 2016

Review Presentasi Makalah Persediaan Barang Dagang 1

A.  Data Bahan Review

1.    Judul Presentasi Makalah
Persediaan Barang Dagang

2.    Nama Penulis
Elin Zanuar S dan Ismail Hari Saputra (Kelompok 11)

3.    Waktu dan Tempat Presentasi
Sabtu, 16 Januari 2016
Kampus Universitas Gunadarma Kalimalang
Kelas 2DA02

4.    Mata Kuliah
Akuntansi Keuangan Menengah 1A dan 1B


B.  Hasil Review

1.    Pengertian Persediaan
Persediaan merupakan asset yang dimiliki oleh sebuah perusahaan yang menjadikan persediaan tersebut sebagai objek usaha pokok yang dapat dikelola dan akan dijadikan sebagai pendapatan jika telah terjual kepada konsumen.

2.    Jenis-Jenis Persediaan
Persediaan memiliki beberapa jenis yaitu membedakan persedian dalam berbagai jenis perusahaan, seperti berikut :
a.         Merchandise Inventory (Persediaan Barang Dagangan)
Maksud dari persediaan barang dagang yaitu barang yang diperoleh langsung dari pemasok tanpa adanya pengolahan atau perubahan bentuk barang dan bertujuan untuk dijual kembali kepada pelanggan.
b.        Direct Materials Inventory (Persediaan Bahan Baku)
Bahan baku merupakan bahan utama yang di kelola oleh suatu perusahaan untuk dijadikan sebagai subtansi utama produk perusahaan.
c.         Indirect Materials Inventory (Persediaan Bahan Pembantu)
Bahan pembantu artinya adalah bahan atau barang yang keguaannya bukan sebagai produksi utama melainkan sebaga barang yang digunakan untuk mempermudah/meperlancar dalam memproses produk utama sampai jadi.
d.        Work in Process Inventory (Persediaan Barang dalam Proses)
Persediaan Barang dalam proses adalah bahan baku yang sudah mengalami proses produksi tetapi belum selesai secara sempurna sebagai barang jadi.
e.         Finished Goods Inventory (Persediaan Barang Jadi)
Barang jadi merupakan barang yang sudah sampai tahap akhir dalam pembuatannya dan siap untuk dijual.

3.    Pembukuan Persediaan
Di dalam pembukuan pemasukan (pembelian) serta pengeluaran (penjualan) Persediaan, dikenal 2 (dua) metode pencatatan, yaitu :
a.         Metode Perpetual
Metode perpetual merupakan metode dimana dalam pencatatan/pembukuannya melihat dari semua transaksi pembelian dan penjualan barang yang bersangkutan sesuai dengan harga saat pembeliannya. Sehingga dengan melihat hasil pencatatan tersebut perusahaan bisa memprediksikan persediaan yang masi tersisa tanpa perlu melakukan pengecekan terlebih dahulu.
b.        Metode Periodik / Fisik
Metode periodik/fisik merupakan metode dimana dalam pencatatan pembelian dan penjualan tidak melakukan pembukuan kedalam perkiraan persedian dari barang yang bersangkutan, melainkan kedalam perkiraan Purchase (pembelian) dan Sales (Penjualan) sehingga hanya dapat menunjukan nilai dari persedian awal dan akhir saja. Jadi, jika perusahaan ingin mengetahui nilai pasti dari persediaan yang masih tersedia harus menghitungnya secara fisik (langsung).

Sumber Review : Hasil Presentasi Kelompok 11 2DA02

1 komentar :