Pages

  • MENANTI SESEORANG
    "Jangan terburu-buru dengan cinta. lebih baik menunggu seorang yang tepat bagi hidup selamanya daripada hanya sementara"

Kamis, 03 Desember 2015

Review Presentasi Makalah Piutang Wesel dan Promise 1

A.  Data Bahan Review

1.    Judul Presentasi Makalah
Piutang Wesel dan Promise

2.    Nama Penulis
Eka Permata Wismiati dan Erningtyas Wury Saputri S (Kelompok 8)

3.    Waktu dan Tempat Presentasi
Sabtu, 28 Novmber 2015
Kampus Universitas Gunadarma Kalimalang
Kelas 2DA02

4.    Mata Kuliah
Akuntansi Keuangan Menengah 1A dan 1B


B.  Hasil Review

1.    Pengertian Piutang Wesel dan Promise
a.         Piutang Wesel
Piutang wesel merupakan jumlah tagihan yang akan dilakukan oleh perusahaan sesuai kesepakatan pembuat wesel dimana perusahaan menagih piutang kepada pembuat wesel sesuai kesepakatan yang telah disetujui. Kesimpulannya surat yang ditujukan dari pihak Kreditur kepada Debitur.
b.        Piutang Promise
Surat Promise adalah suatu janji tertulis perintah dari pihak debitur kepada pihak kreditur. untuk membayar sejumlah uang tertentu pada suatu saat tertentu dimasa yang akan datang. Kesimpulannya surat yang ditujukan dari pihak Debitur kepada Kreditur.

2.    Penentuan Tanggal Jatuh Tempo Piutang Wesel
Tanggal jatuh tempo adalah tanggal untuk pembayaran promes. Manakala masa berlaku suatu promes dinyatakan dalam bulan, tanggal jatuh temponya dapat dicari dengan menghitung dari bulan tanggal penerbitan. Jadi dari tanggal pembuatan promise kita bisa mengetahui tanggal jatuh tempo pembayaran piutang wesel tersebut.

3.    Penentuan Jangka Waktu Piutang  Wesel
Jangka waktu promes adalah lamanya waktu antara tanggal penerbitan surat promes dan tanggal jatuh temponya. Mengetahui jangka waktu promes adalah penting karena bunga promes dihitung berdasarkan jumlah harinya. Bedanya dengan Tanggal jatuh tempo yaitu pada tanggal jatuh tempo hanya untuk mencari tanggal terakhir untuk pelunasan sedangkan Jangka waktu promes yaitu lamanya hari dari saat penerbitan sampai tanggal jatuh tempo.
.
4.    Perhitungan Bunga Piutang Wesel
Piutang wesel biasanya menetapkan bunga yang harus dibayar selama periode antara tanggal penerbitan dan tanggal jatuh tempo.piutang wesel. Bunga yang dikeluarkan atas surat promes merupakan pendapatan bunga bagi pemegang wesel tagih (piutang wesel). Rumus dalam perhitungan Bunga Piutang Wesel yaitu, (Nilai nominal promise x Tarif bunga tahunan x Waktu = Bunga).

5.    Pertanyaan dalam Presentasi Makalah
a.    Apa perbedaan Wesel Tagih dengan Wesel Bayar dalam pencatatannya?
a)        Wesel Tagih
Wesel tagih yaitu orang yang membuat surat tagihan (pemberi piutang) terhadap orang yang membuat wesel (hutang). Pencatatannya yaitu jika wesel tagih berjangka waktu < 1 tahun maka dicatat sebagai Aktiva Lancar sedangkan jika > 1 tahun dicatat sebagai Piutang Jangka Panjang.
b)        Wesel Bayar
Wesel bayar yaitu orang yang membuat wesel (orang yang memiliki hutang). Pencatatannya yaitu jika wesel bayar berjangka waktu < 1 tahun maka dicatat sebagai Neraca sedangkan jika > 1 tahun dicatat sebagai Kewajiban Jangka Panjang.

Sumber Review : Hasil Presentasi Kelompok 9 2DA02

0 komentar :

Posting Komentar