Pages

  • MENANTI SESEORANG
    "Jangan terburu-buru dengan cinta. lebih baik menunggu seorang yang tepat bagi hidup selamanya daripada hanya sementara"

Kamis, 09 April 2015

Syarat-Syarat Penulisan Variabel dan Konstanta pada Visual Basic




Sebelumnya saya udah posting tentang Istilah-Istilah dalam Visual Basic. Nah sekarang saya mau ngebahas tentang Variabel dan Konstanta dalam Visual Basic. Simak Sobb



1.    VARIABEL

a.       Pengertian Variabel

Variabel adalah tempat dimana kita dapat mengisi atau mengosongkan nilainya dan memanggil kembali apabila dibutuhkan. Setiap variabel akan mempunyai nama (identifier) dan nilai.
Variabel  digunakan  untuk  menyimpan  nilai  atau  data  yang  dimiliki program  aplikasi  yang  kita  buat.  Nilai  yang  ditampung  atau  disimpan oleh  suatu  variabel dapat berubah  selama program berjalan.

b.      Aturan Penulisan Variabel

Visual Basic 6.0 tidak memperhatikan penulisan huruf besar atau kecil. Variabel  dengan  nama  Kelas  akan  dianggap  sama  dengan kElaS ataupun KELAS.
Beberapa aturan yang digunakan dalam penamaan variabel adalah sebagai berikut :

·      Harus  unik,  tidak  boleh ada  variabel  dengan  nama  sama  pada satu ruang lingkup yang sama;
·      Tidak  boleh  lebih  dari  255  karakter,  tetapi  hanya  40  karakter pertama yang dianggap sebagai nama variabel. Karakter sisanya diabaikan;
·      Tidak boleh menggunakan spasi, tanda +,-,*,/,<,>,:,=,#,koma dll;
·      Harus dimulai dari huruf, bukan angka atau karakter lainnya;
·      Tidak boleh menggunakan reserved word milik Visual Basic 6.0.

c.       Ruang Lingkup Variabel

Ada  tiga  level  ruang  lingkup  variabel,  yaitu  :  level  lokal,  level form/modul, dan level global.

·      Variabel    level  lokal  adalah  variabel  yang  hanya  dikenali  dan dapat  digunakan  dalam  prosedur  tempat  variabel  tersebut dideklarasikan.  Prosedur  di bagian  lain  tidak  dapat  mengakses variabel  tersebut.  Variabel  ini  dideklarasikan  menggunakan perintah Dim, Private, dan Static.
·      Variabel  dengan  level  form/modul  dideklarasikan  dibagian general  declarations  dalam  jendela  kode  program  form/modul. Nilai variabel ini dapat dikenali dan dipakai pada semua prosedur yang ada dalam  form/modul  tersebut. Deklarasi variabel  ini  juga menggunakan  pernyataan  Dim.  Perbedaan  dengan  variabel lokal  adalah tempat dekalrasi variabel tersebut.
·      Variabel  level  global  (aplikasi)  dideklarasikan  di  bagian  general declarations  dalam  jendela  kode  program  form/modul menggunakan pernyataan Public atau Global. Variabel ini dapat dipanggil  dan  dipakai  oleh  semua  form/modul  dalam  program aplikasi  yang  kita  buat,  dan  juga  dapat  dipanggil  dan dipakai oleh  seluruh  prosedur  yang  ada  dalam  form/modul  tersebut.


d.      Contoh Variabel

Nama variabel dan nilai.
Username  = “R_Ryans”
Nama = “Ryan Riyadi”
Harga = 3000
HargaTotal = 56000
Username, Nama, Harga dan HargaTotal adalah nama dari variabel, sedangkan “R_ryans”, “Ryan Riyadi”, 3000 dan 56000 adalah nilai dari masing-masing variabel. Nilai-nilai ini akan tersimpan di dalam nama variabel masing-masing sepanjang tidak kita rubah.


2.    KONSTANTA

a.       Pengertian Konstanta

Konstanta adalah variabel yang nilai datanya bersifat tetap dan tidak bisa diubah. Jadi konstanta adalah juga variabel bedanya adalah pada nilai yang disimpannya. Jika nilai datanya sepanjang program berjalan tidak berubahubah, maka sebuah varibel lebih baik diperlakukan sebagai konstanta.
Pada sebuah kode program, biasanya nilai data dari konstanta diberikan langsung di bagian deklarasi konstanta. Sedangkan untuk variabel biasanya hanya ditentukan nama variabel dan tipe datanya tanpa isian nilai data. Aturan penamaan variabel juga berlaku untuk penamaan konstanta.

Demikian juga aturan penetapan tipe data. konstanta dibagi menjadi 4:
·      Konstanta integer, berupa integer biasa, integer panjang (long int) dan integer tak bertanda (unsigned integer). Nilainya dapat berupa desimal, oktal atau hexadesimal.
·      Konstanta floating point, dapat mengandung nilai pecahan, yang biasa ditulis dalam bentuk pecahan biasa maupun bentuk eksponensial dan selalu dinyatakan dalam double, kecuali jika diakhiri dengan F atau f (menyatakan konstanta float).
·      Konstanta string, merupakan deretan karakter yang diawali dan diakhiri dengan tanda petik ganda (“…“). Juga dapat mengandung karakter yang menggunakan tanda \ yang disebut karakter escape (escape sequence).
·      Konstanta karakter, selalu diawali dan diakhiri dengan tanda petik tunggal (‘…’). Beberapa konstanta karakter dapat diawali dengan tanda \ (penempatannya setelah tanda petik tunggal).

b.      Aturan Penulisan Konstanta

Aturan penulisan deklarasi konstanta adalah sebagai berikut :
[<KataKunci> Const <NamaKonstanta> [As <TipeData>] = <nilai>

·      Kata Kunci                  : Pilihan kata kunci yang dapat digunakan pada deklarasi konstanta adalah  Private dan Public
·      Nama Konstanta         : Nama konstanta yang dideklarasikan
·      Tipe Data  Tipe            : data dari konstanta tersebut
·      Bagian  yang  diberi  tanda  kurung  siku  “[”  dan  “]”    pada  aturan penulisan  di  atas  berarti  boleh  dituliskan,  dan  boleh  juga  tidak dituliskan.

c.       Ruang Lingkup Konstanta

Konsep  ruang  lingkup  konstanta  hampir  sama  dengan  konsep ruang  lingkup  variabel.  Yaitu  terdiri  dari  level  lokal,  level form/modul  dan  level  global.  Ketiga  level  tersebut  hanya dibedakan  berdasarkan  kata  kunci  yang  digunakan  atau  letak deklarasi konstanta.

d.      Contoh Konstanta

Jika kita membuat program perhitungan matematik yang menggunakan nilai pi (3.14159) yang mungkin akan muncul dibanyak tempat pada kode program, kita dapat membuat pi sebagai konstanta. Penggunaan konstanta pi akan lebih memudahkan penulisan kode program dibanding harus mengetikkan nilai 3.14159 berulang-ulang.



Sumber :
https://unymawlana.wordpress.com/2012/10/23/variabel-dalam-visual-basic-aturan-penamaan-variabel/
http://tungditung.blogspot.com/2013/03/pengertian-variabel-konstanta-dan-tipe.html


0 komentar :

Posting Komentar