Pages

  • MENANTI SESEORANG
    "Jangan terburu-buru dengan cinta. lebih baik menunggu seorang yang tepat bagi hidup selamanya daripada hanya sementara"

Sabtu, 14 Maret 2015

Definisi Softskills dan Fungsi dalam Perkuliahan




Softskills adalah ketrampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain (termasuk dengan dirinya sendiri). Atribut soft skills, dengan demikian meliputi nilai yang dianut, motivasi, perilaku, kebiasaan, karakter dan sikap. Atribut softskills ini dimiliki oleh setiap orang dengan kadar yang berbeda-beda, dipengaruhi oleh kebiasaan berfikir, berkata, bertindak dan bersikap.Namun, atribut ini dapat berubah jika yang bersangkutan mau merubahnya dengan cara berlatih membiasakan diri dengan hal-hal yang baru.

Di Indonesia belum ada dokumen resmi untuk memberikan informasi atribut soft skills apa yang dibutuhkan oleh dunia kerja atau dunia usaha, Beberapa lembaga pendidikan/perguruan tinggi, lembaga konsultan SDM dan beberapa acara diskusi terbatas di DIKTI telah menghasilkan rumusan atribut soft skills yang bervariasi di dunia pekerjaan. Misalnya, hasil Tracer Study yang dilakukan oleh Departemen (dulu jurusan) Teknologi Industri Pertanian IPB tahun 2000, menyatakan bahwa atribut jujur, kerjasama dalam tim, integritas, komunikasi bahwakan rasa humor sangat diperlukan dalam dunia kerja.
Penulis buku-buku serial manajemen diri, Aribowo, membagi soft skills atau people skills menjadi dua bagian, yaitu intrapersonal skills dan interpersonal skills. Intrapersonal skills adalah keterampilan seseorang dalam ”mengatur” diri sendiri. Intrapersonal skills sebaiknya dibenahi terlebih dahulu sebelum seseorang mulai berhubungan dengan orang lain.
Dari deskripsi diatas maka dapat ditarik kesimpulan ;
Softskill merupakan keterampilan dalam berhubungan baik kepada dirinya sendiri maupun orang lain. Kemampuan softskill dipengaruhi oleh kebiasaan berfikir, betindak, berkata, dan bersikap. Namun hal tersebut bisa dirubah apabila orang tersebut mau merubahnya. Oleh karena itu kegiatan matakuliah softskill sangatlah bermanfaat untuk mengembangkan maupun merubah kemampuan yang salah dari para mahasiswa. Dengan demikian mahasiswa mampu melihat kemampuan dengan lebih jelas lagi dan itu pasti akan menguntungkan bila masuk dalam dunia kerja maupun lingkungan yang lebih luas lagi.
Sumber: https://fhateh.wordpress.com/2012/03/12/softskill-dan-hardskill/

0 komentar :

Posting Komentar