Pages

  • MENANTI SESEORANG
    "Jangan terburu-buru dengan cinta. lebih baik menunggu seorang yang tepat bagi hidup selamanya daripada hanya sementara"

Minggu, 04 Oktober 2015

Review Presentasi Makalah Akuntansi Keuangan dan Standar Akuntansi Keuangan 1

A.  Data Bahan Review

1.    Judul Presentasi Makalah
Akuntansi Keuangan dan Standar Akuntansi keuangan

2.    Nama Penulis
Prilia Lukfi Anggara dan Trisna Deslaila (Kelompok 1)

3.    Waktu dan Tempat Presentasi
Sabtu, 03 Oktober 2015
Kampus Universitas Gunadarma Kalimalang
Kelas 2DA02

4.    Mata Kuliah
Akuntansi Keuangan Menengah 1A dan 1B
 
B.  Hasil Review

1.    Pengertian Akuntansi
Akuntansi merupakan suatu tahapan pencatatan, pengumpulan, dan penggolongan semua transaksi keuangan yang bertujuan untuk mendapatkan informasi keuangan yang dapat digunakan sebagai bahan pengambil keputusan.

2.    Pihak yang Berkepentingan Terhadap Informasi Akuntansi
Dari pengertian akuntansi tadi, bahwa akuntansi bertujuan untuk mendapatkan informasi keuangan yang dapat digunakan sebagai bahan pengambil keputusan. Maka dari itu ada pihak-pihak yang berkepentingan untuk mendapatkan informasi keuangan tersebut, yaitu :
a)    Pihak Internal
Pihak Internal berarti pihak yang ada di lingkungan perusahaan (dalam). Jadi mereka selaku pemilik perusahaan sangat memerlukan informasi keuangan sebagai bahan pengambil keputusan dalam menangani masalah keuangan perusahaan. Contoh : Manajemen Puncak, karyawan dll.
b)   Pihak Eksternal
Pihak Eksternal berarti pihak yang ada di luar lingkungan perusahaan. Jadi bukan hanya pihak dalam saja yang memerlukan informasi keuangan perusahaan namun, pihak luar juga berkepentingan untuk mendapatkan informasi keuangan yang digunakan untuk melihat pertumbuhan perusaan agar digunakan sebagai bahan pertimbangan pihak luar khususnya investor dalam memberikan pinjaman atau menanam saham mereka. Contoh : Investor, Kreditur, dll.

3.    Pengertian Akuntansi Keuangan
Akuntansi Keuangan merupakan suatu tahapan pencatatan, pengumpulan, dan penggolongan yang lebih menekankan terhadap segala aktifitas keuangan yang bertujuan mendapatkan informasi keuanagan. Jadi dengan adanya akuntansi keuangan perusahaan dapat melihat kondisi keuangan perusahaan dan sebagai acuan bagi pihak luar untuk memberi pinjaman ataupun untuk menanam saham mereka.

4.    Organisasi yang Terkait dengan Standar Pelaporan Keuangan
Segala sesuatu agar berjalan sesuai rencana pasti harus ada yang mengatur, begitu pula dengan akuntansi ada yang mengatur dan mengelolanya juga. Ada beberapa Negara yang menetapkan standar pelaporan keuangan sendiri dan ada Negara yang menetapkan standar pelaporan keuangan sesuai standar internasional. Organisasi yang mengatur Standar Pelaporan Keuangan Internasional adalah IASB (International Accounting Standar Board) dengan standar pelaporan keuangannya yaitu IFRS (International Financial Reporting Standards) sedangkan untuk organisasi lokal di Indonesia yang menetapkan Standar Pelaporan Keuangan yaitu IAI (Ikatan Akuntan Indonesia) dengan Standar Pelaporan Keuangannya yaitu PSAK (Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan).
Indonesia masih menggunakan PSAK karena itu merupakan standar terdahulu yang digunakan di Indonesia namun, sekarang untuk kemudahan pelaporan keuangan internasional, Indonesia sekarang ini sudah mulai menggunakan standar pelaporan keuangan IFRS walaupun belum sepenuhnya digunakan di seluruh Indonesia.

5.    Pertanyaan dalam Presentasi Makalah
a)    Tantangan apa yang biasanya dihadapi seorang Akuntan?
Tantangan yang di hadapi seorang Akuntan dalam Penulisan Laporan Akuntansi (Keuangan) diantaranya yaitu ada proses eksternal audit. Eksternal audit yaitu suatu badan yang memeriksa keuangan perusahaan selama priode 1 tahun (12 Bulan). Menjadi tantangan karena di saat itu perusahaan khusunya staff akuntansi dibuat gentir jika pada saat proses audit yang di lakukan pihak eksternal audit mendapatkan ketidak cocokan (tidak balance) maka itu akan dipertanyakan akan kinerja maupun kondisi baik-buruknya perusahaan tersebut.
b)   Apakah sama standar pelaporan keuangan di Indonesia dengan di luar negeri (Internasional)?
Berbeda, karena di Indonesia dalam standar pelaporan keuangannya masih menggunakan PSAK (Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan) sedangkan luar negeri (Internasional) menggunakan standar pelaporan keuangannya yaitu IFRS (International Accounting Standar Board).
c)    Apakah sama laporan keuangan dengan pelaporan keuangan?
Berbeda, karena laporan keuangan merupakan bagian dari pelaporan keuangan yang artinya dalam laporan keuangan hanya catatan tentang informasi keuangan perusahaan untuk mengetahui naik atau turunnya keuangan perusahaan sedangkan dalam pelaporan keuangan mencakup hal yang lebih luas dari laporan keuangan seperti hal-hal lain yang bersangkutan/mempengaruhi hasil laporan keuangan perusahaan.

Sumber Review : Hasil Presentasi Kelompok 1 (2DA02)

1 komentar :

  1. Thanks ya, artikel nya sangat bermanfaat dan membantu. Untuk mencari dan mendounlowd kumpulan tugas, baik makalah, power point ataupun mapping maka kunjungi juga ya KUMPULAN TUGAS SEKOLAH DAN KULIAH IPS, KWN, EKONOMI DAN AKUNTANSI

    BalasHapus