Pages

  • MENANTI SESEORANG
    "Jangan terburu-buru dengan cinta. lebih baik menunggu seorang yang tepat bagi hidup selamanya daripada hanya sementara"

Senin, 16 November 2015

Review Presentasi Makalah Piutang 1





A.  Data Bahan Review

1.    Judul Presentasi Makalah
Piutang

2.    Nama Penulis
Benazir Uzairiah dan Diah Putri Sani (Kelompok 7)

3.    Waktu dan Tempat Presentasi
Sabtu, 14 Novmber 2015
Kampus Universitas Gunadarma Kalimalang
Kelas 2DA02

4.    Mata Kuliah
Akuntansi Keuangan Menengah 1A dan 1B


B.  Hasil Review

1.    Pengertian Piutang
Piutang merupakan salah satu transaki dalam akuntansi yang biasanya hasil dari penjualan yang dilakukan perusahaan maupun perorangan yang dimana membebankan hutang kepada pembeli, bagi pembeli itu dinamakan hutang sedangkan untung penjual dinamakan piutang.

2.    Jenis-Jenis Piutang
a.         Piutang Usaha
Piutang usaha merupakan jumlah tagihan yang akan dilakukan oleh perusahaan kepada pembeli dari pembelian barang maupun jasa secara kredit.
b.        Piutang Wesel
Piutang wesel merupakan jumlah tagihan yang akan dilakukan oleh perusahaan sesuai kesepakatan pembuat wesel dimana perusahaan menagih piutang kepada pembuat wesel sesuai kesepakatan yang telah disetujui.
c.         Piutang Lain-Lain
Piutang lain-lain merupakan piutang yang pada umumnya diklasifikasikan dan dilaporkan secara terpisah dalam neraca. Contohnya adalah piutang bunga, piutang deviden, piutang pajak, dan tagihan kepada karyawan.

3.    Pengertian Piutang Ragu-Ragu
Piutang ragu-ragu merupakan piutang yang sifatnya diragukan, karena ketidakpastian penghutang (pembeli) yang tidak sanggup membayar atau tidak ada rencana lagi untuk melunasi piutangnya.

4.    Metode Pembukuan Piutang Ragu-Ragu
a.         Metode Langsung
Metode pencatatan ini bertujuan untuk mencatat piutang yang ditaksir tidak dapat diterima, pembukuan baru akan dicatat jika piutang memang benar-benar tidak tapat ditagih oleh perusahaan. Pencatatanya yaitu dengan mendebitkan Piutang ragu-ragu dan mengkreditkan perkiraan Piutang Dagang.
b.        Metode Cadangan
Metode pencatatan ini bertujuan untuk memperkirakan kemungkinan piutang tidak dapat ditagih dimasa mendatang. Pencatatannya yaitu dengan mendebitkan Piutang ragu-ragu dan mengkreditkan perkiraan Cadangan piutang ragu-ragu.

5.    Pertanyaan dalam Presentasi Makalah
a)    Dalam piutang ragu-ragu jika perusahaan memiliki hutang tetapi sudah melakukan penghapusan piutang maka jika perusahaan itu sanggup membayar penulisannya bagaimana?
Jika terjadi hal tersebut maka proses yang dapat dilakukan untuk mencatat piutang yang dibayarkan perusahaan yang sudah dihapuskan piutangnya yaitu dengan membuat jurnal baru tentang piutang tersebut.

Sumber Review : Hasil Presentasi Kelompok 7 2DA02

0 komentar :

Posting Komentar