Pages

  • MENANTI SESEORANG
    "Jangan terburu-buru dengan cinta. lebih baik menunggu seorang yang tepat bagi hidup selamanya daripada hanya sementara"

Kamis, 29 September 2016

Tugas 1 Sistem Informasi Manajemen (Softskill)

1.    Apa yang dimaksud dengan Data & Informasi?
1)   Data merupakan sesuatu fakta mentah yang dimana untuk mendapatkan sebuah hasil (informasi), maka data tersebut harus diolah terlebih dahulu. Data dapat berwujud suatu kondisi/keadaan, suara, huruf, simbol, gambar, angka, ataupun bahasa lainnya yang dapat digunakan sebagai bahan untuk melihat objek, lingkungan, kejadian ataupun suatu konsep.
2)   Informasi merupakan hasil pengolahan dari data-data yang telah diolah sehingga data yang mempunyai keterangan tertentu dapat digunakan untuk menambah pengetahuan bagi penerimanya (penggunanya).
Data mempunyai lingkup lebih detail dan bersifat teknis, sedangkan informasi menghasilkan penjelasan yang dapat dipakai untuk mengambil keputusan. Data penjualan misalnya merupakan penjelasan yang bersifat mentah, tetapi informasi penjualan per bulan akan dipakai oleh manajemen untuk mengambil suatu keputusan.
 
2.    Sumber daya utama yang dikelola oleh manajer, sebutkan?
a)   Sumber daya fisik (IM4)
1)   Man (manusia)
2)   Money (uang)
3)   Material (material)
4)   Machine (mesin)
b)   Sumber daya konseptual
1)   Information (informasi)
Sumber daya informasi digunakan oleh manajer untuk mengelola sumber daya fisik.

3.    Apa yang dimaksud dengan manajemen informasi?
Manajemen Informasi merupakan segala pemanfaatan dan pemeliharaan atas sumber daya yang secara efektif untuk bidang informasi demi mewujudkan tujuan yang telah ditentukan agar dapat memperoleh hasil yang diharapkan secara maksimal. Sehingga dengan adanya manajemen informasi dapat melakukan proses mencari, menyusun, mengklasifikasikan, serta menyajikan berbagai data yang diperlukan demi mencapai tujuan (kegiatan) yang diinginkan.

4.    Berikan contoh kompleksitas Bisnis dilihat dari perkembangan Teknologi yang semakin meningkat?
Banyak sekali contoh kompleksitas bisnis dilihat dari perkembangan teknologi yang semakin meningkat contohnya penggunaan Teknologi NFC. NFC (Near Field Comunication) merupakan pengembangan dari teknologi berbasi Radio Frequency Indentification (RFID). RFID sendiri memiliki bentuk dan kegunaan yang sama dengan kartu ATM. Tapi tentu ada perbedaan jika untuk melakukan transaksi ATM harus digesek maka kartu RFID hanya didekatkan ke alat pembacanya. Contohnya RFID adalah kartu e-toll Bank Mandiri atau Flazz Bank BCA.
Perusahan telekomunikasi terbesar di Indonesia Telkomsel (Telkom) sudah menggunakan teknologi NFC yang diberinama T-Cash. T-Cash adalah uang elektronik yang diselenggarakan oleh Telkomsel yang telah terdaftar dan diawasi oleh Bank Indonesia. Telkomsel memanfaatkan pertumbuhan smartphone yang semakin meningkat dan hampir semua manusia memilikinya. Jadi penggunaan teknologi ini hanya memerlukan teknologi NFC T-Cash yang di tempelkan di smartphone pengguna, sehingga ketika ingin melakukan transaksi hanya perlu mendekatkan smartphone pengguna ke mesin pembaca NFC. Teknologi T-Cash dapat dipergunakan untuk fasilitas layanan seperti Isi Saldo (Cash In/Top Up), Pembayaran Transaksi, Pembayaran Tagihan, Transfer Dana,  Tarik Tunai dan pembayaran lainnya.


Nama         : Ryan Riyadi
NPM           : 49214893
Kelas           : 3DA02


Sumber Referensi:
http://isma-ismi.com/pengertian-data.html
http://akuntansi.upi.edu/kuliah-sim-sp/1-konsep-dasar-sim/
http://risaprasetya.blogspot.co.id/2015/02/perbedaan-sistem-informasimanajemen.html
http://id-ze3p3e.blogspot.co.id/2012/03/perhatian-pada-manajemen-informasi.html

0 komentar :

Posting Komentar