Pages

  • MENANTI SESEORANG
    "Jangan terburu-buru dengan cinta. lebih baik menunggu seorang yang tepat bagi hidup selamanya daripada hanya sementara"

Minggu, 14 Juni 2015

Contoh Soal Algoritma Visual Basic


1.      Perhatikan nama-nama variabel berikut :

angka
makanan
kumpulan
array
dim
blank
4ngka2
bu4h
hewan
if
minuman
mereka
satu.kata
pakaian_jadi
mereka


Pertanyaan :
a.       Sebutkan nama-nama variabel yang memenuhi syarat?
Jawab :
·         angka
·         blank
·         minuman
·         makanan
·         mereka
·         kumpulan
·         bu4h
·         hewan
·         pakaian_jadi
·         mereka

b.      Sebutkan nama-nama variabel yang tidak memenuhi syarat?
Jawab :
·         4ngka2
·         satu.kata
·         array
·         dim
·         if

2.      Sebutkan 5 (lima) tipe data dalam Visual Basic yang kamu ketahui? Jelaskan dengan singkat!
Jawab :
·         Integer, merupakan tipe data numeric berupa bilangan bulat.
·         Boolean, merupakan tipe data yang hanya memiliki dua nialai yaitu biasanya True dan False atau Iya dan Tidak. Biasanya digunakan untuk memilih satu dari dua pilihan.
·         String, merupakan tipe data baik numeric, huruf, ataupun karakter. Jadi tipe data ini bisa diberikan 3 jenis data tersebut.
·         Date, merupakan tipe data yang digunakan untuk menyimpan data berupa/format tanggal ataupun jam.
·         Currency, merupakan tipe data yang digunakan untuk menyimpan nilai mata uang.

3.      Sebutkan 5 (lima) operator pembanding dalam Visual Basic yang kamu ketahui? Jelaskan dengan singkat!
Jawab :
·           <  “ (kurang dari) digunakan untuk perbandingan dua nilai yang  kecil dengan yang lebih besar, jadi nilai pertama yang dibandingkan harus lebih kecil dari nilai yang kedua maka nilai tersebut dapat dikatakan kedaan yang terpenuhi (True). (contoh 3<5).
·           >  “ (lebih dari) digunakan untuk perbaningan dua nilai yang besar dengan yang lebih kecil, jadi nilai pertama yang dibandingkan harus lebih besar dari yang kedua maka nilai tersebut dapat dikatakan keadaan yang terpenuhi (True). (Contoh 6>2)
·           <=  “ (lebih dari sama dengan) digunakan untuk membandingkan dua nilai yang kecil dengan yang lebih besar ataupun nilai yang sama, jadi nilai pertama yang dibandingkan harus lebih kecil ataupun sama dengan nilai yang kedua maka nilai tersebut dapat dikatakan keadaan yang terpenuhi (True). (Contoh 4<=6 , 3<=3).
·          <>  “ (tidak sama dengan) digunakan untuk perbandingan dua nilai yang tidak sama/berbeda, jadi nilai pertama yang dibandingkan harus berbeda dengan nilai yang kedua maka nilai tersebut dapat dikatakan keadaan yang terpenuhi (True). (Contoh 2<>4).
·           =  “ (sama dengan) digunakan untuk perbandingan yang memiliki nilai sama, jadi nilai pertama yang dibandingkan harus sama dengan nilai yang kedua maka nilai tersebut dapat dikatakan keadaan yang terpenuhi (True). (Contoh 9=9).

4.      Jelaskan salah satu Perulangan (looping) di VB6?
Jawab :
·         For .... Next
Perulangan For .... Next digunakan untuk melakukan proses/perintah perulangan dengan nilai yang telah di tentukan sebelumnya samapai nilai tersebut terpenuhi. Contoh :
For A = 1 to 4
Print A ;
Next
(Outputnya, 1 2 3 4 )
Jadi, nilai yang ditentukannya itu adalah A = 1 to 4 yaitu akan melakukan proses sebanyak 4 kali dari satu sampai 4, dan akan berhenti jika telah mengulang sebanyak 4 kali.

0 komentar :

Posting Komentar