Pages

  • MENANTI SESEORANG
    "Jangan terburu-buru dengan cinta. lebih baik menunggu seorang yang tepat bagi hidup selamanya daripada hanya sementara"

Kamis, 28 April 2016

Pengakuan Pendapatan

Perusahaan melakukan investasi dalam sekuritas utang dan ekuitas dari perusahaan lain adalah untuk memperoleh pendapatan dalam bentuk bunga atau deviden. Dalam kasus sekuritas utang, penghitungan bunga menjadi lebih komplikasi mengingat adanya perbedaan yang sering terjadi antara harga beli dengan nilai jatuh tempo ( nilai nominal ) sekuritas.

a.    Sekuritas Utang
Sekuritas Utang memiliki tingkat bunga kupon ( kontrak ) yang ketika dikalikan nilai nominal sekuritasnya menunjukkan jumlah kas yang akan diterima oleh pemegangnya dalam bentuk bunga untuk setiap tahun. Klasifikasi sekuritas utang :
1)    Sekuritas Utang diklasifikasikan sebagai trading (diperdagangkan).
2)    Sekuritas utang diklasifikasikan sebagai held to maturity (dimiliki jatuh tempo).
3)    Sekuritas utang diklasifikasikan sebagai available for sale securities (Tersedia untuk dijual).

b.    Sekuritas Ekuitas
Sekuritas ekuitas adalah suatu penanaman modal yang dilakukan oleh perusahaan agar memperoleh deviden atau laba yang akan didapatkan oleh perusahaan yang ditanamkan tersebut, baik untuk saham preferen maupun saham biasa. Metode pencatatan yang dilakukan adalah sebagai berikut :
1)    Metode Harga Perolehan
Investasi saham dalamperusahaan lain yang jumlahnya kurang dari 20% dan tidak dapat mempengaruhi perusahaan yang sahamnya dimiliki dicatat dengan mrtode harga perolehan.
2)    Metode Ekuitas
Dengan menggunakan metode ini, penanaman modal dicatat sebesar harga pokoknya. Setiap akhir periode akuntansi, harga pokok ini diubah sesuai dengan bagian laba atau rugi yang diperoleh perusahaan yang sahamnya dimiliki.

0 komentar :

Posting Komentar